15 Aplikasi Chat Aman 2021

3 minggu lalu, by Digitek

Aplikasi Chat Aman 2021

Digitek.id kali ini akan membahas tentang 15 daftar aplikasi chat aman 2021 yang akan menjaga privasimu. Aplikasi perpesanan sendiri berfungsi untuk memudahkan komunikasi dan menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Namun, pesan pribadi bisa berpotensi dibaca oleh pihak ketiga, baik organisasi di balik informasi dan pemerintah yang mengumpulkan informasi tentang warganya.

Perlu diketahui bahwa sosial media populer seperti Twitter, Instagram, Snapchat, atau Facebook Messenger tidak menggunakan enkripsi end-to-end.

Karne itulah percakapan dan file yang tersimpan di sana mungkin tidak sepenuhnya aman. Di sisi lain, ada banyak aplikasi obrolan yang menawarkan layanan perpesanan yang telah meningkatkan kualitas keamanan dan privasi dengan menggunakan enkripsi end-to-end. Inilah daftarnya.

1. Aplikasi Chat Aman 2021 – Signal Private Messenger

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Play Store

Jutaan orang menggunakan Signal untuk berkomunikasi secara instan, gratis, dan terenkripsi karena ia dikenal sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling aman.

Itu karena disematkannya teknologi privacy-preserving. Sebuah sistem default yang memastikan bahwa tidak pernah ada risiko berbagi momen atau mengirim pesan ke penerima yang tidak ditujukan.

Signal adalah layanan pesan terenkripsi lintas platform yang didedikasikan untuk panggilan suara terenkripsi end-to-end dan SMS terenkripsi.

Enkripsi selalu menjadi inti dari produk perusahaan, dan ketika diakuisisi oleh Twitter, tujuannya adalah untuk meningkatkan perlindungan privasi lebih jauh lagi.

Untuk keamanan lebih, pengguna memiliki kemampuan untuk memilih interval pesan menghilang yang berbeda untuk setiap percakapan yang telah mereka simpan di riwayat obrolan.

Signal adalah proyek Open Source yang didukung oleh donasi dan hibah, jadi tidak ada iklan, tidak ada afiliasi, dan tidak ada pelacakan rahasia.

Signal tidak memiliki key untuk mendekripsi pesan, sehingga perusahaan tidak akan pernah memiliki akses ke konten yang dipertukarkan penggunanya.

2. Wire

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Wire

Opsi aplikasi obrolan aman lainnya adalah Wire. Wire adalah salah satu dari sedikit aplikasi yang menetapkan enkripsi end-to-end sebagai default untuk melindungi pesan, gambar, dan file.

Enkripsi Wire berjalan di latar belakang dan tidak perlu diaktifkan manual karena selalu aktif. Selain itu, kunci enkripsi baru digunakan untuk setiap pesan. Ini berfungsi untuk mencegah peretasan terhadap salah satu kunci.

Wire bersifat 100% open source, jadi source code nya bisa digunakan semua orang untuk memverifikasi, memeriksa, atau memperbaikinya melalui GitHub.

Wire tidak menjual analitik atau data penggunaan kepada pihak ketiga. Program perpesanan yang aman› ini sepenuhnya sesuai dengan undang-undang perlindungan data yang ketat di Swiss dan Uni Eropa. Dan ini adalah software komunikasi yang paling banyak diaudit secara publik di pasar.

3. Aplikasi Chat Aman 2021 – Threema

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Play Store

Threema adalah aplikasi chat obrolan pribadi dengan prinsip utama pembatasan metadata. Untuk memastikan tidak ada data yang disalahgunakan, server Threema secara permanen menghapus pesan setelah terkirim ke penerima.

Informasi yang biasanya dikelola di server dikelola secara lokal di perangkat pengguna, artinya semua jenis percakapan terlindungi dari penyadapan.

Secara desain, tidak ada cadangan untuk koneksi yang didekripsi. Artinya, tidak ada orang lain kecuali penerima yang bisa membaca pesan Threema.

Threema bersifat open source, sehingga pengguna dapat memverifikasi kebenaran enkripsi secara independen.

Selain itu, pengguna tidak perlu memberikan email atau nomor telepon untuk mendaftar, yang membantu menawarkan lapisan keamanan ekstra.

4. Telegram

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Telegram.org

Yang keempat ada Telegram. Aplikasi ini cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia, terutama mereka para programmer.

Ia adalah platform populer untuk percakapan yang sangat terenkripsi. Panggilan suara dan obrolan grup melibatkan end-to-end.

Ada opsi untuk menghapus tanpa jejak pesan, file, foto, dan video dalam jangka waktu tertentu setelah dikirim dan diterima.

Untuk pengalaman perpesanan yang lebih aman, pengguna dapat mengaktifkan obrolan rahasia dari pengaturan lanjutan aplikasi.

Jenis obrolan ini hanya ada di aplikasi Telegram (versi web tidak ada). Jadi, penguna hanya bisa mengaksesnya dari perangkat asalnya. Jika perangkat aman, obrolan rahasia juga pasti aman.

5. Aplikasi Chat Aman 2021 – Whatsapp

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi yang hampir pasti ada di semua ponsel masyarakat Indonesia. Masyarakat juga lebih familiar dengan Whatsapp dibanding empat aplikasi di atas.

Mulai 7 Januari 2021, Facebook memperbarui kebijakan privasinya, mengubah praktik berbagi data untuk WhatsApp.

Kebijakan yang diperbarui menyatakan bahwa “WhatsApp menerima informasi dari, dan berbagi informasi dengan, Perusahaan Facebook lainnya.

Kami dapat menggunakan informasi yang kami terima dari mereka, dan mereka mungkin menggunakan informasi yang kami bagikan dengan mereka, untuk membantu beroperasi.

Oleh karena itu, pengguna dipaksa untuk setuju bahwa Facebook dapat membagikan data mereka dengan pengiklan.

Karena percakapan bisnis yang diselenggarakan dengan jejaring sosial dapat dibaca dan digunakan oleh perusahaan untuk menargetkan konsumen.

Akibatnya, pakar teknologi Elon Musk merekomendasikan pengguna untuk memilih Signal, poin nomor satu di postingan ini.

Baru-baru ini, Kominfo Indonesia juga memberikan ancaman pengguna Whatsapp yang mengirimkan stiker asusila bakal di kurung penjara 12 tahun dan denda Rp 6 miliar. Artinya, pemerintah sudah ikut campur tangan terhadap percakapan yang terjadi di WhatsApp.

Meski begitu, WhatsApp adalah salah satu aplikasi obrolan pertama yang mengaktifkan dan menerapkan enkripsi end-to-end untuk komunikasi yang lebih aman.

WhatsApp tidak menyimpan pesan di servernya, jadi jika heker meretas ke dalam platform, mereka tidak akan dapat mendekripsi pesan apa pun.

Selain itu, WhatsApp tidak memiliki kunci untuk melihat pesan terenkripsi. Secara default, WhatsApp menyimpan pesannya dengan cara dicadangkan ke cloud oleh iOS atau Android.

Namun, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghapus obrolan dari cadangan cloud ini. Kelemahan WhatsApp adalah tidak independen dari perusahaan teknologi besar (dalam hal ini Facebook), yang merupakan fitur lain yang harus dicari ketika menganalisis keamanan suatu aplikasi.

6. Wickr Me

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Wickr

Wickr adalah satu-satunya aplikasi perpesanan aman yang benar-benar dapat digunakan secara anonim. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain baik one-to-one atau dalam grup dengan pesan teks terenkripsi sepenuhnya, pesan suara dan memo.

Wickr dapat menjadi alat kolaborasi, bukan hanya aplikasi perpesanan karena ada kemampuan untuk share screen, lokasi, dan status online.

Wickr tidak membutuhkan email atau nomor telepon saat pendaftaran, memastikan bahwa data pengguna tidak dikumpulkan. Oleh karena itu, aplikasi tidak memiliki akses ke sana.

Enkripsi diaktifkan secara default, dan laporan transparansi tersedia bagi siapa saja yang menggunakan Wickr.

Aplikasi ini menggunakan Perfect Forward Secrecy (PFS) dan mendukung Two-Factor Authentication (2FA). Wickr tidak akan mencatat Alamat IP atau metadata lainnya.

7. Aplikasi Chat Aman 2021 – Viber

15 Aplikasi Chat Aman 2021

via Viber

Pengguna Viber dapat mengirim pesan suara dan teks, foto dan video ke grup dari berbagai ukuran. Ia juga menawarkan obrolan suara dan video yang sepenuhnya terenkripsi pada perangkat seluler dan desktop selama pengguna memilih metode berbagi yang benar.

Perusahaan telah meningkatkan kualitasnya dalam hal enkripsi end-to-end karena dulu hanya komunikasi one-to-one yang dilindungi, tetapi sekarang obrolan grup juga diamankan oleh E2E.

Fitur unik dari aplikasi ini adalah setiap obrolan diberi kode warna berdasarkan tingkat enkripsinya saat ini:

  • Hijau berarti obrolan dienkripsi, dan kontak yang terhubung dengan Anda dipercaya.
  • Abu-abu berarti obrolan dienkripsi, tetapi kontak belum ditandai sebagai tepercaya.
  • Merah berarti ada masalah saat mengautentikasi kontak.

8. Silence

s

via via Play Store

Silence dulu disebut “SMS Secure”, karena ia merupakan spin-off dari Signal. Aplikasi terenkripsi end-to-end berfungsi seperti aplikasi SMS/MMS, karena kamu dapat menggunakannya bahkan saat tidak terhubung ke internet.

Silence secara teratur diaudit oleh pakar keamanan di depan umum untuk memastikan kode tidak dibuka oleh pihak ketiga atau lembaga pemerintah yang ingin mendapatkan riwayat percakapan pengguna.

Selain itu, kamu tidak perlu mendaftar dengan login credentials, ini meningkatkan privasi dan status keamanannya.

Aplikasi perpesanan ini bersifat open source, sehingga siapa pun dapat memeriksa kode saat terjadi error atau kerentanan.

9. iMessage (iPhone only)

iMessage

via Apple

iMessage selalu menawarkan enkripsi end-to-end di antara pengguna. Selain itu, aplikasi perpesanan aman ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol berapa lama pesan disimpan dan berapa kali penerima dapat melihatnya.

Masalah keamanan utama yang dikeluhkan pengguna adalah opsi untuk mencadangkan iMessages Anda ke iCloud.

Pesan yang disimpan di cloud dienkripsi dengan kunci yang dikendalikan oleh Apple, jadi jika iCloud seseorang pernah diretas, pesan tersebut dapat terungkap.

Namun, solusinya adalah menghindari penyimpanan pesan pribadi di platform berbasis web seperti iCloud untuk mendapat keamanan yang lebih tinggi.

10. Aplikasi Chat Aman 2021 – Line

line

Line adalah aplikasi perpesanan gratis dan aman yang tersedia untuk berbagai perangkat smartphone dan PC. Dulu banyak orang menggunakan Line, tetapi setelah kehadiran WhatsApp nampaknya penggunanya agak berkurang, terutama di Indonesia.

Platform aman ini dikembangkan oleh tim insinyur Jepang sebagai cara untuk berkomunikasi setelah gempa bumi Tōhoku yang menghancurkan daerah tersebut pada tahun 2011.

Infrastruktur telekomunikasi rusak di seluruh negeri, jadi satu-satunya solusi untuk komunikasi adalah melalui sarana yang terhubung ke Internet.

Tak lama setelah aplikasi perpesanan ini dibuat, LINE menambahkan enkripsi end-to-end untuk meningkatkan privasi dan menyebutnya sebagai fitur Letter Sealing. Semua pengguna dapat memakainya, tetapi harus diaktifkan secara manual.

11. Dust

dust

via Dust

Dust, sebelumnya dikenal sebagai Cyber Dust, adalah aplikasi perpesanan pribadi yang menggunakan enkripsi end-to-end untuk komunikasi yang aman.

Menurut situs webnya, “Anda dapat menghapus pesan dari ponsel orang lain. Tidak ada pesan yang disimpan secara permanen di ponsel atau server. Pesan sangat terenkripsi dan tidak dapat diakses oleh siapa pun, bahkan kami.”

12. SureSpot

SureSpot

via surespot

Aplikasi perpesanan ini menggunakan teknologi enkripsi end-to-end untuk setiap teks, gambar, dan suara yang dikirimkan. Sehingga tidak ada orang asing yang dapat membacanya.

Aplikasi Surespot tidak membagikan data apa pun tentang pengguna dan mentransfer percakapan dengan aman ke perangkat lain.

13. Aplikasi Chat Aman 2021 – KakaoTalk

kakaotalk

via Play Store

Fitur ini menawarkan kepada pengguna untuk mengamankan pesan dengan opsi obrolan terenkripsi end-to-end. Namun, mode obrolan default KakaoTalk tidak dienkripsi end-to-end, jadi kamu perlu mengaktifkannya.

Pembuat aplikasi membanggakan bahwa KakaoTalk digunakan oleh lebih dari 90% pengguna smartphone di Korea Selatan, dimana privasi dan keamanan data menjadi prioritas.

14. CoverMe

CoverMe

via Play Store

CoverMe bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dan juga panggilan suara terenkripsi, tanpa catatan pada riwayat telponmu.

Aplikasi ini juga menyertakan fitur brankas pribadi untuk keamanan ekstra. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa memakainya untuk menyimpan file dan menyembunyikan video, foto, kata sandi, atau lainnya.

15. Aplikasi Chat Aman 2021 – Keybase

keybase

via Keybase

Nah, aplikasi ini bisa dibilang sangat aman, setara dengan Signal tetapi fitur dan desain UI-nya hanya bisa dipahami oleh para programmer.

Bagi masyarakat awam yang buta coding, pasti akan sangat kesulitan menggunakan aplikasi ini. Ia tidak membutuhkan email atau telepon tetapi menggunakan keyprase untuk mengobrol dengan pengguna lainnya.

Jika keyprase atau PGP Key tersebut hilang atau lupa, akun dan obrolan tidak akan bisa diakses lagi selamanya.

Penutup

Nah, itulah sejumlah apliaksi chat aman 2021 yang bebas dari campur tangan pemerintah dan juga pihak pengembang aplikasi itu sendiri.

Dari 15 aplikasi di atas, kami yakin bahwa Signal adalah yang terbaik untuk dipilih. Ia adalah 100% open source, dan mereka didanai oleh sumbangan dan hibah, bukan uang perusahaan yang bergantung pada data pengguna.

Tetapi, semua kembali ke masing-masing. Jika mengikuti selera masyarakat kini, memang WhatsApp yang wajib harus ada dan hampir semua orang punya aplikasi ini.

Namun, jika untuk kebutuhan bisnis yang lebih privasi lagi, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Signal, Wire, Thema atau Telegram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *