15 Film Terbaik Yang Diadaptasi dari Game

5 hari lalu, by Digitek

Film Terbaik Yang Diadaptasi dari Game

Penggemar video game? Tepat sekali karena artikel kali ini akan memberimu rekomendasi film terbaik yang diadaptasi dari game.

Game merupakan salah satu sumber inspirasi dalam membuat film. Adakalanya juga studio mencoba memanfaatkan popularitas game dengan diadaptasi menjadi film untuk mendapat pundi-pundi uang tambahan.

Lantas apa saja film terbaik adaptasi video game yang meraih kesuksesan dan sangat layak untuk ditonton? Berikut kami berikan rekomendasinya.

1. Detective Pikachu

Film terbaik yang diadaptasi dari game di urutan pertama adalah Detective Pikachu. Ia merupakan film misteri arahan sutradara Rob Letterman yang rilis tahun 2019 silam.

Film ini diangkat dari franshice Pokemon karya Satoshi Tajiri. Salah satu bentuk franshise-nya adalah video game dengan judul sama yang dirilis tahun 2016.

Pada film Live action ini, Ryan Reynolds berperan sebagai pengisi suara dari Pikachu. Diceritakan Tim Goodman (Justice Smith) adalah pegawai asuransi berusia 21 tahun yang melepas cita-citannya menjadi pelatih Pokemon setelah ibunya meninggal.

Ia juga tidak tahu ayahnya Harry Goodman (Ryan Reynolds) dimana. Tim tinggal di Ryme tempat dimana manusia hidup berdampingan dengan pokemon.

Tapi tidak dengan tim ia menghabiskan banyak waktu mencari ayahnya yang hilang. Suatu saat pokemon datang bernama Pikachu. Keduanya kemudian bersama-sama mencari dimana keberadaan Harry.

2. Tomb Raider

Tomb Raider merupakan film yang diadaptasi dari video game 2013 dengan nama yang sama dan merupakan reboot dari seri video game Lara Croft.

Film ini menghadirkan suasana yang benar-benar baru tetapi tidak meninggalkan cerita aslinya yang diangkat dari video game.

Tomb Raider 2018 mengisahkan Lara Croft (Alicia Vikander), gadis muda yang harus berjuang demi hidupnya sendiri. Ia berada di lingkungan tidak normal bagi seorang remaja dan menyimpan rasa ingin tahu yang besar mengenai apa yang terjadi disekitarnya.

Rasa ingin tahunya tersebut membuat Lara bertemu dengan Ana Miller (Kristin Scott Thomas), pejabat penting dari Croft Holding yang punya project rahasia.

Untuk menjawab pertanyaan yang terus merongrong hatinya, Lara harus melakukan petualangan dengan berkunjung ke pulau tak berpenghuni di Jepang. Ia juga harus berhadapan dengan hal-hal tak terduga yang bisa mengancamnya menuju kematian.

3. Assassin’s Creed

Assassin’s Creed merupakan film aksi petualangan yang diangkat dari video game franchise dengan nama yang sama. Film diatur dalam universe yang sama dengan video game dan punya cerita asli yang memperluas mitologi seri.

Dikisahkan Callum Lynch (Michael Fassbender), seorang narapidana kasus pembunuhan diselamatkan dai eksekusi hukuman mati oleh Abstrego Industry.

Berkat teknologi revolusioner yang membuka ingatan genetiknya, Callum berpetualang bersama leluhurnya di Spanyol pada abad ke-15.

Ia mendapati dirinya sebagai keturunan masyarakat rahasia misterius, para Assasin. Merekapun mengumpulkan kekuatan dan pengetahuan untuk menghadapi organisasi Templar di masa kini.

4. Resident Evil

Dalam hal kesuksesan box office, tidak ada franchise video game hingga film yang bisa menyentuh Resident Evil.

Resident Evil sendiri merupakan game terpopuler dengan genre zombie, action dan sci-fi. Game telah diadaptasi dalam bentuk novel dan film. Untuk filmnya dibuat menjadi beberapa sekuel.

Film ini punya 6 sekuel, sekuel pertama rilis tahun 2002 yang mengisahkan wanita muda bernama Alice. Ia memutuskan untuk bergabung dengan pasukan militer untuk melawan zombie.

Seri kedua berjudul Apocalypse yang rilis tahun 2002 melanjutkan perjalanan Alice pertama saat terbangun di rumah sakit Recoon City. Ia harus melawan zombie yang menguasai daerah tersebut.

Di sekuel ketiga (2007), film memunculkan satu tokoh baru yakni Claire Redfield. Fakta terkuak bahwa Alice punya antivirus dalam tubuhnya.

Di sekuel keempat (2010) Alice bergabung dengan orang-orang yang selamat dan berusaha pindah ke Arcadia agar lebih aman. Hingga chapter terakhir, rilis tahun 2016 yang merupakan puncak dari perjuangan Alice.

5. Sonic the Hedgehog

Sonic the Hedgehog adalah film komedi aksi petualangan tahun 2020 yang diangkat dari franchise video game produksi Saga.

Pada film tersebut, Sonic bekerjasama dengan sheriff kota setempat Tom Wachowski untuk menemukan cincinya sekaligus melarikan diri dari Dr. Robotnik.

Film ini sempat masuk box office dengan meraih pendapatan debut akhir pekan tertinggi sepanjang masa untuk film adaptasi video game. Film ini juga akan mendapatkan season 2 yang rencananya dirilis pada 8 April 2022.

6. Warcraft

Warcraft adalah film fantasi laga Amerika Serikat tahun 2016 yang diangkat dari seri video game dengan nama yang sama.

Film mengisahkan pertempuran antara manusia dan Orc. Berlatar belakang di Azeroth, tempat manusia hancur karena perang antar peradaban.

Sementara para Orc sedang mencari tempat baru karena wilayah mereka juga sedang diambang kehancuran.

Dark portal yang merupakan pintu penghubung antara Orc dan manusia dilirik oleh Guldan. Dari situlah Guldan yang merupakan Orc punya rencana jahat dengan pintu tersebut.

7. Mortal Kombat

Di tahun 2021, film Mortal Kombat kembali dirilis. Sebelumnya, game mortal kombat sudah diadaptasi menjadi dua serial film. Film pertama berkudul Mortal Kombat (1995) dan sekuel keduanya berjudul Mortal Kombat: Annihilation (1997).

Gamenya sangat tenar sejak pertama kali rilis tahun 1992. Mortal Kombat dikenal dengan video game penuh aksi dan berdarah-darah. Tetapi filmnya menampilkan kakerasan yang diperhalus.

Di tahun 2021 ini film dibuat dengan tujuan menunjukkan keseruan dari video gamenya. Film Mortal Kombat 2021 fokus pada seorang bernama Cole Young (Lewis Tan).

Ia melakoni profesinya sebagai petarung Mixed Martial Art (MMA) untuk tetap hidup. Ia punya tanda seperti luka bakar berbentuk naga di dadanya. Tetapi dirinya tidak tahu apa penyebabnya.

Suatu saat terkuak fakta bahwa Cole merupakan keturunan dari satu tokoh penting yang berkaitan dengan tanda tersebut.

8. Werewolves Within

Werewolves Within adalah film terbaik yang diadaptasi dari Game yang rilis tahun 2021 bergenre komedi horor.

Jika di video gamenya, setting tempat dan waktu berada di kota kuno Gallowston, filmnya diatur pada kota modern Beaverfield.

Film diawali dengan seorang pria yang diserang sesuatu. Cerita langsung menuju ke masa depan. Pria bernama Finn punya pekerjaan baru yakni penjadi Ranger.

Ia menjadi penjaga di lingkungan setempat. Saat berkeliling dengan Cecily, Fiinn merasa ada yang aneh dengan masyarakat di sana. Merekapun menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi.

9. Final Fantasy VII: Advent Children

Film Terbaik yang Diadaptasi dari Game

via FF VII

Final Fantasy VII: Advent Children adalah salah satu film terbaik yang diadaptasi dari game yang berkualitas.

Lebih tepatnya ia bisa disebut sebagai sekuel karena ceritanya melanjutkan kisah game Final Fantasy VII yang rilis di PlayStation tahun 1997.

Film mengambil setting dua tahun terakhir setelah Final Fantasi VII berakhir. Di akhir kisah game, Could Strife berhasil mencegah aksi genosida yang dilakukan Sephiroth yang berencana menjatuhkan meteoir ke bumi.

Meski berhasil dicegah, tapi bumi dan penduduknya tidak semuanya selamat. Meteor yang jatuh beberapa memunculkan wabah penyakit bernama Geostigma.

Strife berpetualang mencari tahu penyebab dan penawar dari penyakit tersebut. untuk bisa memahami kisahnya, kamu wajib memainkan game FF VII karena film ini adalah kelanjutannya.

10. Ratchet and Clank

Bagi penggemar PlayStation pasti kenal dengan game petualangan Rachet and Clank. Seperti game dalam PS, filmnya berpusat pada kedua maskot tersebut.

Ratchet yang hidup sendirian di planetnya punya keinginan menyelamatkan galaksi Solana dari penghancuran Kapiten Drek.

Sejak itu ia bergabung dalam kelompok pahlawan penyelamat galaksi Solana. Tetapi ia selalu gagal karena kemampuan otaknya mentok. Suatu ketika, ia menemukan Clank, robot pintar. Mereka pun berjuang bersama mengalahkan Kapiten Drek.

11. Angry Birds Movie

Ada beberapa game yang terasa sempurna untuk diadaptasi ke film dan ada juga yang sepertinya tidak bisa diterjemahkan dengan baik sama sekali.

Angry Birds adalah salah satu yang merasa dimaksudkan untuk gagal tetapi cukup layak. Sekuel 2019, The Angry Birds Movie 2, ternyata jauh lebih baik dan memegang peringkat terbaik dari semua film video game di Rotten Tomatoes.

Gambar animasinya berjalan dengan menarik dengan membuat burung dan babi bekerja sama saat senjata mengancam rumah mereka berdua.

Sebagian besar ulasan di Letterboxd memberikannya tiga bintang (26%) dan 3% pengguna memberikannya lima bintang sempurna!

12 Monster Hunter (2021)

Film ini sebenarnya pertama kali rilis tanggal 4 Desember di Inggris raya menyusul 25 Desember di Amerika Serikat. Sementara di Indonesia baru rilis pada 13 Januari 2021.

Monster Hunter merupakan film yang terinspirasi dari seri Video Game Capcom. Tetapi, ceritanya dalam film sedikit berbeda dengan seri video gamenya.

Filmnya fokus menyoroti unit militer modern yang harus bertahan hidup melawan mahluk mematikan. Dikisahkan kapten angkatan darat AS, Natalie Artemis (Milla Jovovich), dan pasukannya mencari para tentara yang hilang di gurun.

Tiba-tiba badai datang dan menarik mereka ke portal dunia maru dimana manusia hidup berdampingan dengan mosnter besar dna buas.

13. Need For Speed

Need for Speed merupakan film aksi balapan 2014 yang diadaptasi dari seri video game Need for Speed oleh Electronic Arts. Film ditulis oleh George dan John Gatins dan disutradarai serta diedit oleh Scott Waugh.

Film ini menceritakan tentang Tobey Marshall (Aaron Paul). Ia merupakan penjahat jalanan yang dibebaskan dari penjara atas kejahatan yang tak pernah ia lakukan.

Awalnya Dino Brewster (Dominic Cooper) menawarkan Tobey untuk memperbaiki mobilnya. Jika berhasil, ia akan membagi hasil penjualan.

Tetapi Brewser tidak menepati janjinya. Konflik muncul dilanjutkan dengan balapan liar yang melibatkan Pete (Harrison Gilbertson), teman Tobey. Saat balapan, Pete tewas dan Tobey dipenjara karena kematian Pete.

Tobey berniat membalaskan dendam pete dengan mengikuti balapan lintas negara. Balapan ini akan mempertemukannya dengan Brewster tetapi dengan syarat ia harus menang dan selamat sampai tujuan.

14. Rampage

Rampage merupakan film fiksi ilmiah Amerika tahun 2018 yang diadaptasi dari seri video game dengan judul yang sama produksi Midway Games.

Film menceritakan tentang seorang ahli primata bernama Davis Okoye. Ia harus bekerjasama dengan George, gorila albino yang berubah menjadi mahluk raksasa yang ia ciptakan utnuk menghentikan dua monster raksasa lainnya.

15. Hitman : Agent 47

Hitaman : Agent 47 adalah film bergenre laga thriller yang diangkat dari seri video game Hitman. Karakter utamanya adalah seorang pembunuh misterius yang dikenal dengan Agen 47.

Diceritakan Katia van Dees selalu mendapat bayangan ingatan masa lalu tentang sosok lelaki. Ingatan itu mendorongnya untuk mencari dan menemui laki-laki tersebut yang kemudian diketahui sebagai ayahnya, Dr. Piotr Aaron Litvenko.

Litvenko adalah ahli genetika dari Ukrania yang terampil tapi tak punya hati nurani karena meninggalkan putrinya begitu saja. ia berhasil menciptakan agen pembunuh bayaran, salah satunya Agen 47. Karena keberhasilannya membuat agen, ada pihak yang ingin mencuri rahasia pembuatannya.

Penutup

Nah, itulah sejumlah film terbaik yang diadaptasi dari game. Semua film di atas bisa dikatakan sukses mengadaptasi cerita dari video game mengingat banyak juga film yang gagal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *