Sekarang Kamu Bisa Dapat Uang Dari YouTube Shorts, Ini Caranya

2 bulan lalu, by Digitek

Cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts

Platform YouTube akan memberikan gaji ke para konten kreator hingga Rp 140 juta per bulan untuk menggunakan YouTube Shorts.

Shorts merupakan aplikasi tambahan yang dihadirkan YouTube untuk menyaingi Tiktok. Popularitas mereka menjadi faktor utama untuk mendapatkan uang dari Shorts.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts dan apa persyaratannya? Simak artikel berikut sampai akhir ya.

Syarat Mendapatkan Uang dari YouTube Shorts

Pada Mei 2021, YouTube telah menyiapkan dana sebesar USD 100 juta atau setara Rp 1,4 triliyun. Dana tersebut digunakan untuk membangun basis pengguna dan kreator di Shorts.

Di bulan Agustus Ini, kreator Shorts yang berasal dari 10 Negara termasuk Indonesia akan mulai menerima pembayaran gaji.

Gaji yang diterima mulai dari 100 hingga 10.000 dollar setiap bulannya atau Rp 1,4 jutaan hingga 143 jutaan.

Syarat utama untuk mendulang rupiah dari platform ini adalah mengunggah video yang original. Bukan video ulang atau unggahan yang dibuat di platform lain seperti TikTok, Reels ataupun Snapchat.

Jika tidak memenuhi syarat tersebut, konten kreator akan didiskualifikasi dan tidak mendapatkan pembayaran.

Menurut YouTube, pihak mereka akan menganalisis channel para konten kreator dengan performa terbaik.

Mereka kemudian akan menghitung pendapatan yang akan diberikan berdasarkan jumlah penayangan, asal audiens dan faktor lainnya yang tidak disebutkan.

Tetapi, pihak YouTube belum memberikan detail berapa jumlah minimum penayangan Short yang harus dicapai. Menuru mereka, ambang batas penayangan terus berubah dari waktu ke waktu.

Syarat kedua, kreator harus sudah berusia minimal 13 tahun. Ketiga, kreator sudah memahami dan setuju mengenai semua kententuan dari YouTube.

Keempat, kreator harus menautkan akun ke akun Adsense mereka karena bonus akan dikirimkan langsung ke Adsense.

Bagi kreator yang berusia berusia 13–18 tahun bisa meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran, jika belum ditautkan ke channel-nya.

Kelima, channel YouTube sudah memiliki minimal satu video Shorts dalam 180 hari terakhir. Video yang diupload sudah sesuai dengan pedoman komunitas, hak cipta dan kebijakan monetisasi yang diberlakukan.

Cara Mendapatkan Uang dari Shorts

Setidaknya ada beberapa cara konten kreator YouTube Shorts menghasilkan uang yakni melalui:

  • Iklan : dapatkan pendapatan iklan dari iklan display, overlay, dan video.
  • bagi hasil langganan YouTube Premium : dapatkan bagai hasil langganan YouTube Premium saat pelanggan menonton kontenmu.
  • Langganan channel: Pelangganmu akan melakukan pembayaran bulanan berulang dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang kamu tawarkan.
  • Galeri merchandise: Penggemarmu dapat mencari dan membeli merchandise bermerek resmi yang ditampilkan di halaman tonton video yang kamu upload.
  • Super Chat & Super Stickers: Penggemar harus membayar agar pesannya diperjelas dalam streaming chat.

Persyaratan Kelayakan Minimum Untuk Mengaktifkan Fitur Monetisasi

Perlu diketahui bahwa setiap fitur memiliki persyaratan tersendiri. Beberapa fitur mungkin tidak tersedia karena persyaratan hukum setempat.

Setelah diterima di Program Partner YouTube, kreator akan mendapatkan akses ke fitur monetisasi berikut ini:

youtube shorts

via Youtube Shorts

 

Menghasilkan uang di YouTube atau menerima bonus Shorts adalah cara menarik untuk mendulang rupiah atas konten yang bagus dan menarik di platform.

Tetapi, kamu mungkin akan diwajibkan membayar pajak ke negara tempatmu tinggal dalam hal ini Indonesia untuk tiap penghasilan yang diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *