Bocoran Windows 11, Apa Saja yang Baru?

3 bulan lalu, by Digitek

Sistem operasi Windows 11 Microsoft yang akan datang dibocorkan secara online beberapa waktu lalu.

Setelah tangkapan layar pertama kali dipublikasikan di situs Cina Baidu, semua OS Windows 11 muncul secara online lengkap dengan desain antar muka pengguna baru, menu start dan banyak lagi.

Antarmuka Windows 11 baru dan start menu terlihat sangat mirip dengan apa yang awalnya ditemukan di Windows 10X.

Microsoft telah menyederhanakan Windows untuk perangkat layar ganda, sebelum membatalkan proyek tersebut demi Windows 11.

Perubahan Besar Disematkan Pada Taksbar dan Start Menu

Bocoran Windows 11, Apa Saja yang Baru?

via theverge

Secara visual, perubahan terbesar yang akan pengguna lihat dapat ditemukan di sepanjang taksbar. Microsoft telah memusatkan ikon aplikasi di sini, membersihkan tray area, dan menyertakan tombol start dan menu baru.

Start menu yang diperbarui ini adalah versi sederhana dari apa yang saat ini ada di Windows 10, tanpa Live Tiles.

Ini termasuk aplikasi yang disematkan, file terbaru, dan kemampuan untuk mematikan atau memulai ulang perangkat Windows 11 dengan cepat. Hal tersebut benar-benar jauh lebih disederhanakan dibanding yang ada di Windows 10 sekarang.

Jika kamu tidak ingin ikon aplikasi dan menu Start berada di tengah, ada opsi untuk memindahkan semuanya kembali ke sisi kiri.

Akan Ada Fitur Dark Mode

Dengan adanya fitur mode gelap atau dark mode, Windows 11 terlihat seperti versi Windows 10 yang lebih baik daripada sesuatu yang baru sepenuhnya.

Microsoft juga menggunakan sudut membulat di seluruh interface Windows 11. Ini terlihat di menu konteks, dan di sekitar aplikasi dan File Explorer.

Menu Start itu sendiri juga mencakup sudut membulat. Ini masih versi awal dari Windows 11 yang bocor, jadi belum semuanya disertakan.

Banyak pengguna ingin melihat lebih besar perubahan pada aplikasi bawaan dalam Windows 11, tetapi tampaknya belum ada. Sebagian besar sistem operasi sudah hampir selesai, jadi mungkin kamu bisa melihat versi beta ini segera tiba untuk diuji oleh Windows Insiders.

Kamu mungkin telah memperhatikan ikon baru di taksbar Windows 11, dan itu diberi label Widget di sistem operasi. Rumor telah menyarankan Microsoft membawa kembali Widget Windows, dan versi awal ini tampaknya menyertakan beberapa.

Karena ini jelas merupakan versi awal Windows 11, widget tidak dimuat sepenuhnya di OS, tetapi dirancang untuk meluncur keluar dan menyediakan akses cepat ke berita, cuaca, dan konten web lainnya.

Bocoran Windows 11, Apa Saja yang Baru?

via theverge

Microsoft pada awalnya akan membuat sistem operasi Windows 10X yang dirancang untuk perangkat layar ganda, sebelum beralih ke laptop tradisional dan kemudian dibatalkan.

Windows 10X menyertakan sejumlah aspek yang disempurnakan dan disederhanakan, dan sebagian besar pekerjaan itu ada dalam versi Windows 11 yang bocor ini.

Snap Kontrol atau Mode Screenshoot Baru

Windows 11 juga menyertakan snap kontrol baru yang dapat diakses dari tombol maximize di semua aplikasi.

Ia merupakan versi modern dari windows function yang telah ada di sistem operasi selama bertahun-tahun.

Pengguna bisa dengan cepat screen shoot atau snap windows secara berdampingan, atau mengaturnya dalam beberapa bagian di desktop.

Bocoran Windows 11 – Pembaruan Windows Store

Bocoran Windows 11, Apa Saja yang Baru?

via theverge

Sayangnya, sepertinya belum ada pembaruan besar untuk Windows Store. Karena ini adalah versi bocoran awal, kemungkinan pembaruan apa pun yang direncanakan Microsoft belum muncul.

Antarmuka Windows Store sebagian besar sama dengan apa yang ada di Windows 10 saat ini, dengan akses ke semua aplikasi yang sama yang tersedia saat ini.

Microsoft dilaporkan telah mengerjakan app store baru untuk Windows dalam beberapa bulan terakhir. Tapi, rumornya akan ada perubahan besar yang akan dilakukan.

CEO Microsoft Satya Nadella telah berjanji untuk “membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi pengembang dan pencipta” dengan Windows. Itu kemungkinan akan datang dalam bentuk app store baru.

Microsoft dilaporkan merombak app syore Windows untuk memungkinkan pengembang mengirimkan aplikasi Windows apa pun, termasuk browser seperti Chrome atau Firefox.

Microsoft juga mungkin mempertimbangkan untuk mengizinkan platform perdagangan pihak ketiga dalam aplikasi.

Hal tersebut memungkinkan pengembang untuk menghindari pemotongan yang biasanya diambil Microsoft dari sistem pembelian dalam aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *